Marquee Text - http://www.marqueetextlive.com

  • Diam

    Kata orang-orang bijak, diam selalu mengandung berjuta makna. Bisa positif,tapi lebih sering negatif, entah marah, kecewa, atau putus asa. Diam biasanyaadalah jalan terakhir untuk bersuara, ketika berkata tidak lagi bermakna.
    Di dunia, bahwa renungan berasal dari kata renung artinya diam-diammemikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Diam dengan diam membuat banyakorang salah tingkah, tetapi diam itu juga bisa dibilang "emas"tetapi kata "emas"nya itu artinya juga kadang nggak tahu. Diam itu juga kadang berarti setuju misalnya jika seorang wanita dilamarkarena malu mengatakan "iya" jadi hanya diam dan tertunduktersenyum.Tetapi "diam" juga bisa diartikan ketidaksetujuanseperti yang pernah saya liat di televisi yang lagi "demo"atasketidakbijakan pemerintah seperti mogok bicara,makan dan sebagainya.Karenadefinisi diam itu tidak hanya mogok bicara tetapi tidak melakukan apapun itubisa di sebut "diam" betul kan? "If you have nothing good to say, then say nothing"
    yahdaripada banyak bicara mengumbar kejelekan lebih baik "Diam". "Silent is the mother of truth~BenjaminD"
    Antara diam dan banyak bicara, tidak bisa dibilang salah satu lebih penting,atau masih relevan tidaknya. Yang lebih susah terkadang ialah bukan harus diamatau bicara nya, melainkan dapat mengetahui kapan harus diam dan kapan perluberbicara. Terlalu banyak bicara (asal berkoar, tanpa dasar yang benar)sama negatifnya dengan selalu menutup mulut (padahal perlu untukmenyuarakan sesuatu yang benar).
    Dalam kamus besar bahasa indonesia diam memiliki tiga arti yaitu tidakbersuara (tidak berbicara) tidak berbuat (tidak berusaha apa-apa)dan tidak bergerak (tetap ditempat). Dan dalam diam seseorangpundiduga memiliki tiga maksud setuju,tidak setuju ataupun tidak perduli.yangpasti apapun sikap kita itu pasti mengandung konsekuensi. Ada golongan orangtertentu,selalu bersikap diam dan pasif dalam kehidupan tak bisa terlihat jelasdalam raut wajahnya kesedihan atau kebahagian. Semua terlihat datar tertutupioleh sikaf diamnya,tapi ada juga golongan orang yang selalu ingin mengatakanapa saja yang terlintas di hati dan kepalanya,reaksi kesedihan atau kebahagianterlihat nyata bahkan disertai pernyataan tentang suasana hatinya. Ada jugadiam yang memiliki unsur protes atau ketidak sukaan terhadap sesuatu misalnyaseorang suami atau istri yang tidak menyukai sikap atau perbuatan pasangannyamenanggapinya dengan sikap diam dan tentu saja diam yang seperti ini padaakhirnya akan membawa keburukkan untuk hubungan mereka itu, apalagi diam yangdisertai rasa amarah sungguh bukan hal yang bijaksana untuk dilakukan. Ada jugapernyataan lebih baik diam daripada terus bicara tetapi tanpa makna ataumanfaat,akan tetapi bila kita diam melihat kemaksiatan, ketidakadilan, kemunafikan, penindasan atau kemungkaran. Sesungguhnya itu adalah salahbesar, artinya tak perduli atau cuek dan tak mau ambil pusing dengan keadaanlingkungan sekelilingnya, dan dapat dipastikan type insani seperti ini biasanyahanya menjadi duri dan benalu yang lebih memikirkan diri sendiri ketimbanghajat hidup orang banyak.
    Diam itu indah, bila sedang serius bekerja, dalam keadaan retreat, danketika kita sedang sakit gigi atau sakit kepala. Diam memiliki makna yang lainketika dalam keramaian dan satu orang berteriak sangat keras kata "diaaammm!!!",pasti spontan semua orang akan bertanya-tanya dan menghentikan semuapembicaraan. artinya yang sangat dalam...Tapi ada juga orang yang seringdiledekin dan menjadi bahan cemoohan orang lain, yang mengatakan kata yang samadiaaammm!!! bukannya pada diam tetapi semakin seru dan semakinmenjadi-jadi keributan yang ada...dan masih ada jutaan makna dari kata diam Diamadalah emas, diam itu tidak tahu apa-apa; diam berarti mengiyakan; diam membisukarena bête, diam-diam mengamati, diam dalam kehampaan; diam karenaperasaan rindu, dan lain-lain. Jadi apapun definisinya, hanya kita yang tahu,dan hanya kita yang dapat mengekspresikannya.

0 komentar:

Posting Komentar